Minggu, 11 Oktober 2020

PROGRAM TAKHASUS

 I. Muqaddimah 

    Segala puji hanyalah milik Allah Tuhan yang Maha Rahmân, yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk agar manusia mengetahui kebenaran dalam kehidupan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan, pemimpin dan nabi yang paling agung: Muhammad saw, beserta keluarganya, sahabat-sahabatnya dan para pewarisnya sampai akhir zaman. Belajar Al-Quran merupakan sebuah perbuatan yang mulia, terlebih jika seseorang mau menghafal, memahami serta mengamalkan Al-Quran dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Karena Al-Quran merupakan pedoman bagi seluruh umat manusia, sehingga Allah akan senantiasa memuliakan serta meninggikan derajat orang-orang yang senantiasa mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya. Sampai saat ini, banyak sekali orang yang punya keinginan untuk bisa membaca , menghafal Al-Quran, juga dapat melaksanakan ibadah dan menguasai do’a-do’a sehari-hari berharap memiliki akhlaq yang baik, hanya saja keinginan itu tidak pernah terwujud, karena kebanyakan dari mereka kekurangan motivasi (terlebih motivasi eksternal), sehingga perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan keinginan mulia tersebut. Menyadari hal ini sejak dini, maka kami sebagai pembina Al-QUR’AN di MTS NEGERI 11 JOMBANG ingin ikut berperan aktif guna mendukung peserta didik yang diamahkan kepada kami agar tetap semangat dalam menghafal Al-Quran serta menyelesaikan target pencapaian dalam hafalan Al-QUR’AN yang telah ditetapkan oleh MTS NEGERI 11 JOMBANG. Kami telah merancang sebuah program kegiatan ekstra di luar pembelajaran reguler di kelas, yang akan mendorong motivasi serta pencapaian bacaan (tahsin) dan hafalan (tahfizh) juga praktek ibadah-ibadah praktis disertai penguasaan do’a-do’a sehari-hari di MTS NEGERI 11 JOMBANG, program tersebut bernama “PROGRAM TAKHASUS QUR’AN CENTER 2020 MTs NEGERI 11 JOMBANG”. Mudah-mudahan kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan mendapat rahmat dari Allah swt. Âmîn. 

II. Dasar Pemikiran 

    Adapun dasar pemikiran Takhasus QUR’AN CENTER 2020 adalah sebagai berikut: 

a. Al-QUR’AN 

    Allah swt berfirman: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah/2: 185). Dalam ayat lain Allah swt berfirman: dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS. Al-Qamar/54: 17) Serta dalam ayat yang lain Allah berfirman: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al-Hijr/17: 9) 

b. Hadits 

    Dari Usman ibn ‘Affân ra dari Nabi Muhammad saw bersabda “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al QUR’AN dan mengajarkannya” (HR. Bukhari). Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya sebuah kebaikan. Dan sebuah kebaikan dilipatgandakan sepuluh kalinya. Saya tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf”.(HR.Tirmidzi). 

    Program kegiatan Takhasus QUR’AN CENTER 2020 MTs Negeri 11 Jombang ini dianggap perlu setelah diadakan berbagai analisis sebagai berikut: 

1. Kegiatan membaca dan menghafal Al-QUR’AN secara reguler dan terus menerus membutuhkan motivasi yang tinggi. Proses pembelajaran Al-QUR’AN, jika hanya mengandalkan program kegiatan reguler di kelas belum dapat dikatakan mencukupi bagi peserta didik yang berdampak pada target pencapaian hafalan. 

2. Kegiatan membaca dan menghafal Al-QUR’AN di luar program kegiatan reguler membutuhkan sebuah tempat yang kondusif dan akomodatif baik dari segi sumber daya manusia (pembina tahfizh) maupun sarana, tempat dan media pembelajaran. 

3. Target yang ingin diraih oleh MTs NEGERI 11 JOMBANG untuk mencetak generasi cinta Al-QUR’AN dengan membaca dan menghafalnya akan tercapai jika semua pihak berkerjasama dengan baik, ikhlas dan terukur. 

4. Melihat kondisi realitas yang ada di MTs NEGERI 11 JOMBANG, sebagian besar siswa/I masih banyak yang belum lancar / bahkan belum bisa baca tulis QUR’AN namun sebagiannya lagi sudah banyak yang lancar membaca Al QUR’AN, bahkan sudah ada beberapa yang mempunyai hafalan Al QUR’AN beberapa juz. 

5.Di MTs NEGERI 11 JOMBANG sudah ada perintisan pembinaan baca tulis Al QUR’AN melalui mata pelajaran Baca Tulis QUR’AN (Tajwid), dan Takhasus, namun dalam pelaksanaannya masih perlu banyak perbaikan dan dari segi output yang diinginkan masih jauh dari ideal. Juga dari segi pertanggungjawaban / laporan berupa progress report kepada masyarakat masih perlu dibenahi. 

6. MTs Negeri 11 Jombang, memiliki potensi cukup banyak tenaga pengembang mutu Pendidikan agama Islam. Dari 47 tenaga pendidik yang ada, di antaranya terdapat 11 orang bergelar Magister Pendidikan Islam, 8 orang bergelar sarjana Pendidikan Islam. 7. Pembinaan siswa MTs Negeri 11 Jombang dalam hal kedisiplinan, akhlaq mulia, sangat mendesak sekali untuk dilakukan, maka dengan adanya program takhasus QUR’AN ini diharapkan akan memberikan dampak yang baik terhadap perubahan sikap disiplin, dan perilaku III. NAMA DAN TEMA PROGRAM Kegiatan ini bernama: “TAKHASUS QUR’AN CENTER (TQC) 2020 MTs NEGERI 11 JOMBANG” (TAKHASUS) IV. TUJUAN KEGIATAN Beberapa hal yang menjadi tujuan diselenggaraknnya QUR’AN CENTER 2020 MTs Negeri 11 Jombang ini adalah sebagai berikut: 

1. Sebagai pemicu motivasi siswa/i MTS NEGERI 11 JOMBANG dalam kegiatan membaca dan menghafal Al-QUR’AN serta praktek ibadah praktis disertai penguasaan do’a-do’a sehari-hari dan hafalan Al Asma’ul Husna. 

2. Menjadikan program “QUR’AN CENTER 2020 MTs Negeri 11 Jombang” ini sebagai program unggulan yang akan memberikan dampak positif terhadap Madrasah, siswa/I dan masyarakat serta stake holder yang ada di sekitar lingkungan madrasah 

3. Terciptanya karakter / akhlaqul Karimah yang melekat pada peserta didik yang melahirkan nuansa QUR’ANi dalam pembelajaran di lingkungan MTs Negeri 11 Jombang. 

V. TARGET PENCAPAIAN 

    Dengan diadakannya program QUR’AN CENTER 2020 ini, diharapkan peserta didik MTS NEGERI 11 JOMBANG dapat lancar baca tulis Al QUR’AN, menguasai tahsin Al QUR’AN dengan baik dan memiliki hafalan Al QUR’AN dan Al Asma’ul Husna serta menguasai dan mampu mengamalkan kunci-kunci ibadah praktis disertai penguasaan do’a-do’a dalam kehidupan sehari-hari. 

VI. TEKNIS PELAKSANAAN 

1. Pada awal pelaksanaan kegiatan program QUR’AN CENTER MTs Negeri 11 Jombang, Setiap siswa/I diseleksi berdasarkan kemampuan baca tulis dan hafalan QUR’ANnya dan hasilnya dikelompokan menjadi beberapa kelompok sesuai kategorinya (masing masing kelas 7 dan 8 dibagi menjadi kelompok A, B, C dan D) sehingga didapatkan 4 jenis kelompok kategori, - Kelompok A adalah kelompok siswa yang sudah/hampir hafal juz 30, tapi perlu pembenahan Tartil, Tajwid dan Makhroj. - Kelompok B adalah kelompok siswa yang sudah bisa membaca lancar, sudah memiliki hafalan, perlu pembenahan Tartil, Tajwid dan Makhroj. - Kelompok C adalah kelompok siswa yang Sudah bisa membaca lancar, belum memiliki hafalan, perlu pembenahan Tartil, Tajwid dan Makhroj. - Kelompok D adalah kelompok siswa yang Belum mengenal/tidak bisa, sudah bisa membaca tapi belum lancar. 

2. Setiap kelompok berisi maksimal 35 siswa/I, di antaranya bisa memungkinkan terjadi dalam 1 kategori, banyaknya kelompok lebih dari satu. Jadi, kelas 7 tetap ada 7 kelas dengan 4 kelompok kategori, begitu juga untuk kelas 8 dan 9. 

3. Setiap kelompok kategori diberikan bahan berupa - format penilaian yang terdiri dari penilaian bacaan (tajwid, makhroj dan tartil) serta penilaian hafalan / tahfizh Al QUR’AN dan do’a-do’a serta penilaian praktek ibadah dengan disertakan pula standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) - Raport siswa, yang akan menjadi progress report kepada masyarakat terutama wali murid dan sebagai pertanggungjawaban madrasah dan dibagikan setiap akhir tahun ajaran. - Absensi kehadiran, dengan target kehadiran minimal 85% - Modul pembelajaran lengkap yang merupakan bahan cetakan sendiri yang menjadi pegangan para pembina dan siswa 

4. Setiap siswa wajib membawa modul pada setiap pembelajaran yang diikuti, dan wajib mentaati tata tertib yang berlaku di madrasah 

5. Pemberian materi disesuaikan dengan kategori kelompoknya masing masing dengan tetap mengacu pada modul yang sudah disediakan. - Kelompok D selama semester pertama difokuskan melancarkan membaca Al QUR’AN.Pada semester kedua difokuskan pada pembenahan tajwid, tartil dan makhroj dengan disertai pembekalan / praktek ibadah dan hafalan do’a-do’a sehari-hari pada setiap semesternya, termasuk hafalan Al Asma’ul Husna (dihafal secara Bersama dan klasikal) - Kelompok C selama semester pertama difokuskan pada pembenahan tajwid, tartil dan makhroj. Pada semester kedua difokuskan pada hafalan surat-surat pendek juz 30 dengan disertai pembekalan / praktek ibadah dan hafalan do’a-do’a sehari-hari pada setiap semesternya, termasuk hafalan Al Asma’ul Husna (dihafal secara Bersama dan klasikal) - Kelompok B selama semester pertama difokuskan pada hafalan surat pendek juz 30 dan pembenahan tajwid, tartil dan makhroj. Pada semester kedua difokuskan untuk menyelesaikan hafalan juz 30 full, dengan disertai pembekalan / praktek ibadah dan hafalan do’a-do’a sehari-hari pada setiap semesternya, termasuk hafalan Al Asma’ul Husna (dihafal secara Bersama dan klasikal) - Kelompok A selama semester pertama difokuskan menyelesaikan hafalan juz 30 sehingga hafalannya benar-benar mutqin (melekat). Pada semester kedua difokuskan untuk menambah hafalan juz 29, dengan disertai pembekalan / praktek ibadah dan hafalan do’a-do’a sehari-hari pada setiap semesternya, termasuk hafalan Al Asma’ul Husna (dihafal secara Bersama dan klasikal) -

VII. LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN 

a. Lokasi Program Al-QUR’AN CENTER 2020 ini akan diselengarakan di MTs Negeri 11 Jombang/ Tentative (Di Masjid An Namiroh atau bila memungkinkan di Lapangan Belakang MTs) 

b. Waktu Pelaksanaan Program Al-QUR’AN CENTER 2020 ini akan diselanggarakan setiap hari (jam Kerja) pada awal jam pelajaran pertama pada setiap semesternya dengan pembagian jadwal sebagai berikut : - Kelas 7 A s/d 7D (untuk semua kelompok kategori) setiap hari selasa) - Kelas 7E s/d 7H (untuk semua kelompok kategori) setiap hari Rabu) - Kelas 8 A s/d 8D (untuk semua kelompok kategori) setiap hari kamis - Kelas 8E s/d 8H seluruhnya (untuk semua kelompok kategori) setiap hari sabtu 

VIII. AGENDA PROGRAM 

Selama kegiatan ini berlangsung, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan adalah: 

1. Baca Tulis Al QUR’AN menggunakan Metode WAFA atau Metode Iqro’ 

2. Tahsinul QUR’AN (menggunakan nada hijaz) 

3. Pembinaan dan praktek ibadah-ibadah praktis dalam kehidupan sehari-hari 

4. Tahfizhul QUR’AN (Menghafal surat-surat pendek Juz 30) dengan pendekatan “METODE TIKROR” dan Modul HTQ (berupa kartu 

5. Shalat Dhuha

6. Asma’ul Husna 

7. Pembekalan (diklat) untuk para Instruktur 

8. Tambahan jika memungkinkan, Haflah (Hiburan, dengan diisi bacaan Sholawat / Permainan menggunakan pendekatan METODE TAMYIZ” untuk memahami isi kandungan AL QUR’AN) 

9. Wisuda Tahfizh (Bila memungkinkan, pelaksanaannya bersamaan dengan Muwadda’ah kelas IX) 10. Games and reward 11. Materi keislaman (Ceramah Agama / Tausyiah dari Ustadz/ah, Kepala Madrasah, Kyai/tokoh agama dan tokoh masyarakat bila memungkinkan) 

IX. PANITIA PELAKSANA 

1. Penanggung Jawab : Bambang Setiadi, S.Pd, MM. (Kepala Madrasah) 

2. Koordinator QUR’AN CENTER : Rochman Rahardjo, S.Pd (Waka Kurikulum) 

3. Ketua Pelaksana : Hj. Ida Nur Atika, S.Th.I 4. Bendahara : Sumadi, S.Ag 

5. Sekretaris : Hardhani Chandra, SS 

6. Sie. Konsumsi : Durrotul Bahiyah, M.Pd.I 

7. Sie. Logistik/Perlengkapan : M. Azmil Alam, S.IP 

8. Sie Program : Yusuf Mu’addin, M.Pd.I 


X. SUMBER DANA DAN PEMBIAYAAN ANGGARAN KEGIATAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROGRAM TAKHASUS

 I. Muqaddimah       Segala puji hanyalah milik Allah Tuhan yang Maha Rahmân, yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk agar man...

ARTIKEL POPULER